MANAJEMEN PERUBAHAN DALAM SUATU PERUSAHAAN


MANAJEMEN PERUBAHAN

DALAM SUATU PERUSAHAAN

Achmad Randy Waskita

(106093003045)

Email : kaitokidrandy@gmail.com

Jln. Kertamukti No. 20 RT 001/08 Pisangan Ciputat

Fakultas Sains dan Teknologi

Prodi Sistem Informasi

UIN Syarif Hidayatullah

Jakarta


ABSTRAK



Change management adalah proses yang berkesinambungan yang menyelaraskan organisasi bisnis dengan pasar sehingga lebih responsif dan efektif daripada pesaingnya. Dengan melakukan change management akan membuat perusahaan yang didasarkan pada kompetisinya, menjadi lebih baik dalam melayani pelanggan. Change management dapat pula dipahami sebagai relationship management karena keunggulan perusahaan dibangun lewat relasi pelanggan. Dalam dunia yang terus berubah change management sangat diperlukan untuk menyelaraskan aspek strategi, operasi, budaya dan kompensasi organisasi dengan pasar yang antara lain pemicu perubah.

Keywords : Change Management; Relationship Management


1. PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang


Dalam era globalisasi dan era perdagangan bebas persaingan dunia usaha saat ini sudah sangat ketat. Banyak perusahaan saling bersaing dalam memasarkan produk barangnya. Perubahan dipicu oleh berbagai faktor, antara lain : persaingan lompatan teknologi, politik, pergeseran ciri-ciri demografis dan peningkatan pendapatan serta harapan sosial, semua ini dicakup dalam satu terminologi yaitu globalisasi.

Lance A. Berger dalam buku The Change Management Handbook A Road Map To Corporate Transformation (1994:7) menyatakan :.....We define Change Management as Continuous Process af Aligning an Organization With Marketplace and Effectively that Competitors. Untuk memenangkan persaingan perusahaan tak harus dalam kondisi “win-win co-operation” tetapi bagaimana mengorganisir organisasi pasar secara berkelanjutan dan melakukannya lebih baik daripada pesaing.


1.2 Rumusan Masalah


Dilihat dari latar belakang masalah diatas dapat diambil suatu kesimpulan “Bagaimana Change Management merubah suatu perusahaan”. Diharapkan dengan change management ini dapat membuat suatu perusahaan dapat bersaing dalam era globalisasi dan perdagangan bebas saat ini.



1.3 Tujuan Penelitian


Diharapkan metode change management dapat diterapkan pada setiap perusahaan, sehingga kedepannya dapat bersaing dengan perusahaan lain.


1.4 Kerangka Penelitian


II. TINJAUAN TEORI


2.1 Mengapa Manajemen penting


Manajemen adalah suatu proses atau kerangka kerja, yang melibatkan bimbingan atau pengarahan suatu kelompok orang-orang kearah tujuan-tujuan organisasional atau maksud-maksud yang nyata(G.R. Terry).



Gambar 2 : Struktur Manajemen

Dari gambar 2 di atas menunjukkan bahwa manajemen adalah Suatu keadaan terdiri dari proses yang ditunjukkan oleh garis (line) mengarah kepada proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian, yang mana keempat proses tersebut saling mempunyai fungsi masing-masing untuk mencapai suatu tujuan organisasi.

2.2 Konsep Manajemen Bisnis

Konsep manajemen secara fungsional dan operasional dalam organisasi bisnis yang mencakup manajemen sumber daya manusia, manajemen produksi atau operasi,manajemen pemasaran, dan manajemen keuangan.


2.3 Pengelolaan SDM


Pengelolaan SDM (Sumber Daya Manusia) sangat diperlukan untuk mendapatkan SDM yang berkualitas dan bermutu tinggi sehingga dapat meningkatkan kemampuan kerja perusahaan, sehingga jalannya roda perusahaan jadi lebih pesat dan produktif.


III. METODA PENELITIAN


3.1 Rancangan Penelitian

Penelitian ini merupakan studi deskriptif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey/observasi sebagai alat pengumpul data yang pokok. Observasi ini dilakukan pada toko-toko supermarket dan waralaba.


IV. HASIL DAN PEMBAHASAN


Peran Manajemen dalam mengelola suatu perusahaan sangatlah dibutuhkan. Dalam era globalisasi dan perdagangan bebas saat ini diperlukan juga suatu change management dalam perusahaan. Mengapa demikian?karena saat ini persaingan sangat tinggi masing-masing perusahaan saling bersaing satu sam lainnya baik dari segi barang, teknologi, dan juga SDM. Peran keduanya sangatlah diperlukan agar perusaahan tetap dapat bersaing, Namun faktor pendukung lain juga jangan sampai terlupakan.

Saya mengambil contoh : “diberitakan bahwa dengan memenangkan persaingan dalam perdagangan eceran, Matahari beraliansi dengan Walmart. Strategi ini ditempuh Matahari untuk menghadapi Ramadhan, Hero, Ramayana, Pasar Raya, dan Sogo. Matahari dan Walmart saling memanfaatkan satu sama lainnya.”

Faktor-faktor dalam pengembangan suatu perusahaan menjadi kunci dalam jalannya perusahaan kedepannya, antara lain :

a. Perencanaan yang matang

Perencanaan yang matang dalam mendirikan suatu perusahaan sangtlah diperlukan, karena ini akan menentukan arah perusahaan kedepannya dan juga dapat menjadi arah kesuksesan maupun kegagalan suatu perusahaan.

b. SDM yang berkualitas

SDM berkualitas sangatlah diperlukan. Dalam pengrekrutan pegawai haruslah cermat, karena pemilihan pegawai juga dapat menentukan arah perusahaan dan baik tidak kinerja pegawai tersebut. Saya berpikir perusahaan yang maju sangat ditentukan dari SDM yang dimiliki perusahaannya.

c. Manager yang Bijaksana, Cerdas, dan Berwibawa

Manajer haruslah bijaksana, cerdas, dan berwibawa dalam memimpin perusahaan, kharismatik suatu pimpinan (manajer) dapat menjadi pemberi semangat untuk pegawainya. Manajer yang cerdas dapat mengetahui langkah-langkah apa saja yang perlu dimabil untuk kemajuan perusahaan yang ia pimpin.

d. Terbuka dan selalu belajar

Perkembangan teknologi dan bisnis dalam era globalisasi dan perdagangan bebas yang semakin pesat mendorong kita untuk terus berusaha memperlajari perubahan suatu perusahaan sehingga dapat bersaing dengan perusahaan lain dan dapat lebih maju kedepannya.


V. SIMPULAN DAN SARAN


5.1 Simpulan


Setelah melakukan observasi dalam menilai perusahaan, dapat diambil suatu kesimpulan bahwa change management sangat dibutuhkan oleh perusahaan. Apabila change management tidak dilakukan maka dapat diambil suatu kesimpulan perusahaan itu tidak dapat bertahan dalam era global dan perdagangan bebas saat ini. Diperlukan suatu inovasi-inovasi yang dilakukan perusahaan agar selalu dapat memberikan suatu layanan yang terbaik bagi pelanggannya.


5.2 Saran


Agar setiap perusahaan menjalankan langkah-langkah change management untuk perusahaannya, ini dilakukan untuk menjaga kelangsungan perusahaan dalam era global dan perdagangan bebas saat ini.


VI. DAFTAR PUSTAKA


Berger, Lance A., et al., “The Change Management Handbook : a Road Map to Corporate Transformation”, Irwin Profesional Publishing, 1994.

http://jyus-yudistira.blogspot.com/

(diakses pada tanggal 15 Oktober 2009 pukul 16:30 WIB)

Estri Mahani, Septiana A. 2004. “ Change Management : Strategi Meraih Keunggulan Kompetitif”. Jurnal ilmiah RanggaGading, Vol 4 No. 2 : 1 - 6

0 komentar:

Powered by Olark